Jumat, 27 Desember 2013

GOYANG OPLOSAN, ORA NDESO !!

Gue juga pengen


OPLOSAN

Opo ora eman duite
(Apa tidak sayang uangnya)
gawe tuku banyu setan
(Untuk membeli air setan)
opo ora mikir yen mendem
(Apa tak berfikir kalau mabuk)
iku biso ngrusak pikiran
(Itu bisa merusak pikiran)

ojo diteruske mendemme
(Jangan diteruskan mabuknya)
mergo ora ono untunge
(Karena tidak ada untungnya)
yo cepet lerenono mendemu
(Ayo cepat hentikan mabukmu)
ben dowo umurmu
(Agar panjang umurmu)

Ugo sawangen kae kanca kancamu
(sekarang lihatlah teman – temanmu)
akeh sing podo gelempangan
(banyak yang bergelempangan)
ugo akeh sing kelesetan ditumpakke ambulan
(Sekarang banyak yang hilang kesadaran, dibawa ambulance)
yo wes cukupno anggonmu mendem
(ya sudah, hentikan kebiasaan mabuk)
yo wes cukup anggonmu gendeng
(ya sudah, hentikan kegilaanmu)
yo mari mari o yo leren leren no
(Ayo sembuh sembuh, o ayo berhenti lah)
ojo diterus terusno
(Jangan diterus – teruskan)

Tutupen botolmu tutupen oplosanmu
(Tutuplah botolmu, tutuplah oplosanmu)
emanen nyowomu ojo mbok terus teruske
(sayangi nyawamu, janganlah diterus – teruskan)
mergane ora ono gunane
(Karena tidak ada gunanya)
Tutupen botolmu tutupen oplosanmu
(Tutuplah botolmu, tutuplah oplosanmu)
emanen nyowomu ojo mbok terus teruske
(sayangi nyawamu, janganlah diterus – teruskan)
mergane ora ono gunane
(Karena tidak ada gunanya)


Hei pembaca .. Siapa sih yang ga tau lagu itu. Ye kali, lagi booming banget. Tiap hari, tiap malem pasti ada aja yang nyetel ntu lagu. Lagunya enak, nadanya juga easy listening, lirik pake bahasa Jawa yang emang ga semua tau, dangdut pula. Indonesia banget. http://eemoticons.net

Liriknya kece kan? Gue udah translate/artikan/alih bahasakan liriknya. Intinya, Lagu Oplosan itu ngajakin kita supaya menghindari yang namanya mabuk – mabukan, minum – minuman keras atau oplosan. Yang kelanjur minum, STOP ! ga sayang sama uangnya? Ga sayang sama pikiran? Ga sayang kesehatan? Ga ada untungnya juga lagi. Bener ga?


Lagu ini sebenernya udah ada sejak lama cuma baru booming sekarang ini. gue seneng sama boomingnya lagu ini. bukan gegara yang nyanyi, tapi lebih ke “bahasa” dan makna dari lagu yang dinyanyikan itu loh. Soimah nyanyi lagu oplosan ini di tipi pake bahasa Jawa. Ga pake acara translet - translet. Bangga dah http://eemoticons.net
Banyak yang bilang nih kalo “Orang Jawa itu ndeso !”, “Bahasa Jawa itu enggak gaul !”,”Bahasa Jawa itu KUNO”,bahasa jawa itu antah berantah” ….. bla bla bla. Ya gue sering denger begituan. Kenapa bisa? Karena gue orang Jawa, walaupun ga asli. 
Pada kenyataannya, yang “dibilang NDESO” itu jadi tenar kan? Banyak ditiru orang pula. Asek dah. Bukan gue dendam, tapi lebih  “Walau Ndeso tetep Beken” !! ooooo ... http://eemoticons.net

Bener dek !!

Berarti semua orang Jawa ndeso ye?  ORAA !!!!  http://eemoticons.net

Tidak semua orang jawa ndeso kok. Lagian se-ndeso-nya orang Jawa tetep “BERBUDAYA”. Daripada orang “NGAKUNYA GAUL a.k.a TIDAK NDESO tapi GA TAU BUDAYA”. Cih… http://eemoticons.net


The last, Goyang Oplosan yooo ….. !!! *joget*




Sumber Gambar :
http://eemoticons.net/Emo/Baby-Soldier-Small

3 komentar:

  1. pada malam tahun baru, lagu ini pasti akan sangat populer, hehehe

    mau nyawer mas?

    salam
    http://jarwadi.me

    BalasHapus
  2. Hahaha... lagu ini emang ngehip banget ya...
    Padahal aku nggak suka nonton YKS. Tapi kalau mbakku nyanyiin mulu tiap hari gimana gak ikutan apal >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu ini malah trend in banget di sekolah sebelum di YKS tapi. hehe pas udah tenar eh malah sekarang jadi bosen campur seneng *aneh*

      Hapus

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak komentar yang baik. Dapet pahala donk.. Semua komentar bisa masuk asal tidak menyinggung pihak manapun yah ^^

Translate it on: