Senin, 30 April 2012

MUSIK JAZZ ???


Dan akhirnya ketemu lagi neh nyahahahai. Gimana kabar gue?? Teteup selalu tampil biasa aja. Wuih

Well, akhir – akhir ini gue enggak dapet acara menarik. Entah kenapa, walaupun gw tau kalo ada gosip yang nyatain kalo akun twitternya JUPE ke suspended. Terus yang dituduh itu si DEPE. Hadeuh.. biasa aja tuh gwnya. Maksudnya udah sering denger kalo mereka berdua itu saling membuat “SENSASIONAL” di muka publik. Ada pula berita keluarnya anggota cherry belle. Hmmm biasa aja tuh menurut gw. http://eemoticons.net

Well, daripada ngomongin hal – hal seperti itu ada baiknya ngomongin musik. Yups, bener banget. Dan kali ini gw akan ngomongin genre musik yang gw favorite banget !! ya walaupun penuh resiko buat nulis postingan ini.takut ada yang bosen, takut ada yang ga nyambung, bahkan takut ada yang enggak comment. but, its okelah. sabar ajah. daaaaan musik apa itu??

MUSIK JAZZ

Kalo kalian denger kata itu pasti yang ada dipikiran kalian hanya rasa bosan yang amat sangat, rasa kantuk yang menyerang saat mendengarnya, atau bahkan rasa enggak ngerti saat dengerinnya?? Wah, it so ANEH.
Emang ya harus gw akui kalo musik jazz itu sangat terbatas banget ditelinga masyarakat INDONESIA. Ya walaupun gw tau juga kalo musik jazz ini enggak begitu dibenci di INDONESIA sendiri. Benar ga?? http://eemoticons.net 
Q  :Kalo gw tanya sama temen yang “mengaku” suka musik tentang genre jazz ini kebanyakan mereka pada bilang “musik yang ngebosenin”.
A  :Tapi enggak ngebosenin juga kok kalau dengernya sambil menghayati. Pasti ada suatu sisi yang beda diantara genre musik lainnya. Contoh : Improvisasinya. nyahaha...
Q  :Terus kalo ditanya tentang musik Jazz ada juga yang jawab kalau “musik jazz itu hanya bisa dinikmati oleh kaum menengah keatas bahkan hanya kaum bangsawan aja yang bisa nikmatin”.
A  :Hmm wajib disimak nih sejarah musik jazz. Kalo kalian mau tau kisahnya kalian bisa baca di sini.
Nah, udah ngertikan?? Bahwa musik Jazz itu sebenernya enggak diciptakan dari kalangan “ATAS”. Melainan dari kalangan biasa yang mencintai musik. So, semua bisa nikmatin aja musik ini. yang ciptain aja para budak. Namun, yang menjadikan orang – orang percaya bahwa musik ini hanya bisa dinikmati kalangan atas karena pertunjukan musik ini tu enggak seperti pertunjukan musik rock, pop atau musik dangdut.
Kalau pagelaran musik Rock, Pop, dangdut pasti diadain di lapangan yang luas, diarea terbuka, bahkan didalam pusat perbelanjaan sekalipun bisa dilakukan karena pengunjungnya banyak. Kan GRATISANNN.... beda kalo musik Jazz. Musik ini dipertontonkan di dalam ruangan, di gedung – gedung pertunjukan, cafe, hotel, diacara – acara besar sekalipun bisa. Nah, kalo mau nonton ditempat begituan ya enggak gratis, ya ga??
Mulai dari negara New Orleans sampai ke Indonesia pasti ada donk yang namanya musisi maupun penyanyi beraliran musik jazz. Dan di Indonesia sendiri ada banyak musisi maupun penyanyi beraliran Jazz. Diantaranya :

1. Indra Lesmana 


Siapa sih yang enggak tau seorang INDRA LESMANA??http://eemoticons.net Yups, sorang musisi Jazz asli Indonesia yang udah terkenal sampai ke pelosok negeri. Beliau terkenal lewat lagu – lagunya yang bagus dan enak didenger, penghayatannya saat bernyanyi, dan improvisasi dia lewat tembang lawas. Hmm penasaran?? 


 

2. Tompi

Yah, siapa juga yang enggak tau?? Teuku Adi fitrian. Seorang musisi jazz asal propinsi Aceh yang memiliki suara khas. Gw seneng banget sama dia waktu gw denger dia nyanyi lagu “Balonku” AMAZING !! http://eemoticons.net dan gw juga suka lagu – lagu dia yang sedih maupun yang ceria. karena dia udah ahlinya dibidang Jazz ini.




           
3. DIRA SUGANDI

Ya ! seorang musisi jazz baru di Indonesia. Terhitung mulai 2009 hehehehe.. ada yang belum tau?? Ya emang sih. Dia enggak begitu eksis di Indonesia tetapi dia udah ngeuarin album sendiri berbahasa Inggris atau biasa dikenal dengan album internasional. Dan gw paling seneng lagunya dia yang judulnya “Inside Love”. Daaan dia pernah loh muncul diacara konser musik di tipi - tipi. bahkan, dia pernah duet loh dengan Jason Myraz. Nih penampilannya :






Keren ga?? http://eemoticons.net


4. CITRA SCHOLASTIKA

Hehehe.. ya idola gue nih. Dan emang basicnya dia udah di musik jazz, ya mau bagaimanapun musik yang dibawain, cara dia nyanyi ga akan keluar dari unsur jazz. Yups, bener bangets. Dia itu runner up Indonesian idol 2010 loh. Dan bulan Mei tahun ini dia akan ngeluarin mini albumnya. walaupun hal itu terlalu lama untuk seorang penyanyi bagus. Daaan udah 2 single bernuansa pop-jazz dikeluarinnya dan hasilnya SUPER !!




Keren kan?? http://eemoticons.net

Yah, walaupun dari penilaian gw musik jazz ini kurang dihargai oleh masyarakat di Indonesia, tapi gw yakin diluar sana pasti ada yang sangat menghargai musik jazz. Dan gw harap sih musik jazz ini bisa diterima diseluruh kalangan masyarakat seperti musik Pop, maupun musik – musik lainnya.

Yaaa... menurut gw musik Jazz itu dasarnya tak membosankan kalau kita mau menghayati musiknya. Dan musik ini sebenernya bisa dinikmati semua kalangan kok, jadi tak ada kata “dinikmati kalangan tertentu”. So, emang dasarnya semua genre musik bisa dinikmati siapa saja tergantung selera masing – masing. menurut kalian gimana?? http://eemoticons.net

14 komentar:

  1. Waaah, sama kita berow... :D
    Gue juga suka musik jazz, mulai dari yg retro jazz, funky jazz, soul jazz, sampe ke acid jazz Gue suka... :D Eh tapi Gue ngga suka swing deng...

    Kalo Gue biasanya dengerin yg versi barat sih, kayak Earth Wind and Fire, John Mayer, Jamie Cullum, Michael Buble...

    Kalo Indonesia suka soul jazz ala Glenn Fredly, acid jazz dari RAN, Sevensoul, sama Maliq and D'Essentials... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. KOMEN saya udah terwakilkan bang glen..

      tambahan : Jazz juga nikmat pas dimainkan instrumen nya doang.. ada saxopon, piano, drum, 3 bass, satu gitar.

      mantap.

      Hapus
    2. Glen# hmm kalo saya malah suka yang nge-swing gitu. karena kalo yang swing itu asik untuk nambah improvisasi saat bernyanyi. walaupun kalo Jazz yang nge-soul, acid, dll itu juga tetep bisa di-improv. tapi, saya suka semua genre jazz :D

      Hapus
    3. Zero# bener tuh. kan emang Jazz itu identik dengan alat - alat tersebut. jadi kesannya kurang Jazz kalo enggak ada alat musik itu :D

      Hapus
  2. arrrgh.. emang keren itu Jason sama DIRA.. :D

    BalasHapus
  3. Haha, kalo suka music jazz pasti tau dong sama Nial Djuliarso? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiman# hmmm pemain piano yang terkenal itu ya??? tau kok. daaann dia pemain piano yang beraliran Jazz !! LIKE IT !

      Hapus
  4. sebaliknya, dulu tuh musik jazz malah buat orang2 kalangan bawah di amrik, khususnya yang berkulit hitam. lirik2nya pun bertemakan sosial, politik, dan juga prostitusi. namun seiring jaman, akhirnya jazz dikemas secara baik sehingga tampak berkelas :D

    gue demen sama jazz, penyanyi2 diatas adalah penyanyi fav gue :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Irvina# bener banget tuh. musik yang sebenernya dibuat untuk rakyat biasa dikemas layaknya musik untuk para bangsawan. kita sama kak *toss

      Hapus
  5. Salah satu genre favorit saya ini. Saya sukanya yang instrumental aja biar bisa lebih berimajinasi :D Salah satunya trisum indonesia.

    Tekno Muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didik# Trisum Indonesia?? belum pernah denger. ya ntar cari aja deh di Google :D

      Hapus
  6. Hehe sama dong suka jazz.
    Aku suka lagunya Tompi yang judulnya Close. :D
    Tapi kebanyakan aku suka lagu yang non-indonesia hehe. :D

    BalasHapus
  7. hehe setuju dengan postingannya. Oh ya musisinya ada yang kurang tuh seperti Barry Likumahuwa D

    BalasHapus

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak komentar yang baik. Dapet pahala donk.. Semua komentar bisa masuk asal tidak menyinggung pihak manapun yah ^^

Translate it on: